METODE DEMONSTRASI
Metode
Demonstrasi ialah metode mengajar dengan menggunakan peragaan untuk memperjelas
suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana berjalannya suatu proses
pembentukan tertentu pada siswa.
Untuk
memperjelas pengertian tersebut dalam prakteknya dapat di lakukan oleh guru
atau anak didik itu sendiri. Metode Demonstran cukup baik apabila di gunakan
dalam penyampaian bahan pelajaran geografi, misalnya bagaiamana cara membuat
peta menggunakan kompas dan meteran, bagaimana proses kerja pengindraan jauh
sehingga menghasilkan data, dan yang lainnya.
Beberapa aspek yang
penting dalam menggunakan metode demonstrasi diantaranya:
1.
Demonstrasi akan menjadi metode yang tidak wajar apabila
alat yang di Demonstrasikan tidak bisa di amati dengan seksama oleh siswa.
Misalnya alatnya terlalu kecil atau penjelasannya tidak jelas.
2.
Demonstrasi menjadi kurang efektif bila tidak di ikuti oleh
aktivitas di mana siswa sendiri dapat ikut memperhatikan dan menjadi aktivitas
mereka sebagai pengalaman yang berharga.
3.
Tidak semua hal dapat di demonstrasikan di kelas karna
sebab alat-alat yang terlalu besar atau yang berada di tempat lain yang
tempatnya jauh dari kelas.
4.
Hendaknya dilakukan dalam hal-hal yang bersifat praktis
5.
Sebagai pendahuluan, berilah pengertian dan landasan teori
dari apa yang akan di demonstrasikan.
Dan
adapun sebaiknya dalam mendemonstrasikan pelajaran tersebut guru harus terlebih
dulu mendemonstrasikan dengan sebaik-baiknya, baru di ikuti oleh murid-muridnya
yang sesuai dengan petunjuk. Adapun dalam metode demonstran ini memiliki
kelebihan dan ada juga kekurangannya sebagaimana yang akan di paparkan di bawah
ini.
Kelebihan Metode Demonstrasi
1.
Perhatian anak didik dapat di pusatkan, dan titik berat
yang di anggap penting oleh guru dapat di amati.
2.
Perhatian anak didik akan lebih terpusat pada apa yang di
demonstrasikan, jadi proses anak didik akan lebih terarah dan akan mengurangi
perhatian anak didik kepada masalah lain.
3.
Dapat merangsang siswa untuk lebih aktif dalam mengikuti
proses belajar.
4.
Dapat menambah pengalaman anak didik.
5.
Bisa membantu siswa ingat lebih lama tentang materi yang di
sampaikan.
6.
Dapat mengurangi kesalah pahaman karna pengajaran lebih
jelas dan kongkrit.
7.
Dapat menjawab semua masalah yang timbul di dalam pikiran
setiap siswa karna ikut serta berperan secara langsung.
Setelah
melihat beberapa keuntungan dari metode demonstransi tersebut, maka dalam
bidang setudi geografi, banyak hal-hal yang dapat di demonstrasikan seperti
pembuatan peta menggunakan kompas dan
meteran.
Apabila
teori pembuatan peta menggunakan kompas dan meteran yang betul dan baik telah
di miliki oleh anak didik, maka guru harus mencoba mendemonstrasikan di depan
para murit. Dan apabila anak didik sedang mendemonstrasikan ibadah, guru harus
mengamati langkah dari langkah dari setiap gera-gerik murid tersebut, sehingga
apabila ada kesalahan atau kekurangannya guru berkewajiban memperbaikinya.
Tindakan mengamati segi-segi yang kurang baik lalu memperbaikinya akan
memberikan kesan yang dalam pada diri anak didik, karna guru telah memberi
pengalaman kepada anak didik baik bagi anak didik yang menjalankan Demonstrasi
ataupun bagi yang menyaksikannya.
Kelemahan Metode
Demonstrasi
1.
Memerlukan waktu yang cukup banyak
2.
Apabila terjadi kekurangan media, metode demonstrasi menjadi
kurang efesien.
3.
Memerlukan biaya yang cukup mahal, terutama untuk membeli
bahan-bahannya.
4.
Memerlukan tenaga yang tidak sedikit.
5.
Apabila siswa tidak aktif maka metode demonstran menjadi
tidak efektif.
Directed by : APRILLIA AYU PUSPITASARI
Directed by : APRILLIA AYU PUSPITASARI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar